fbpx

10 fasilitas Co-working space yang dapat menjadi daya menarik

23

Co-working space merupakan salah satu alternatif tempat yang biasanya digunakan oleh para perusahaan startup untuk mendapatkan ruang kantor dengan harga yang miring. Namun, harga yang miring tersebut bukan berarti tanpa kualitas. Berbagai start up tersebut juga pastinya lebih melirik dan tertarik dengan co-working space yang nyaman dan menarik sehingga dapat membuat para karyawannya betah dan juga bersemangat. Nah, agar ruang kantor kamu dilirik oleh para pebisnis tersebut, berikut adalah 10 fasilitas co-working space yang kami rekomendasikan dan dapat menjadi daya tarik.

1. Sofa atau Bean Bag
Perusahaan yang tertarik untuk menyewa ruangan di co-working space biasanya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kreatif atau digital. Biasanya juga, jenis perusahaan tersebut menginginkan ruangan yang nyaman dengan desain yang menarik dan juga masa kini. Oleh karena itu, untuk membuat ruangan menjadi terlihat lebih menarik, kamu bisa menyediakan sofa dan juga bean bag yang bisa digunakan untuk bersantai oleh para penyewa. Meskipun terlihat peralatan yang sederhana, namun alat-alat tersebut dapat digunakan untuk bersantai atau beristirahat.

2. Desain interior yang keren
Salah satu trik untuk memasarkan space yang kamu sewakan adalah dengan membuat sebuah sudut yang asyik dan Instagrammable yang dapat dimanfaatkan oleh para penyewa untuk berfoto-foto. Jika kamu berhasil menciptakan ruangan yang menarik dan juga nyaman, bukan hal yang tidak mungkin rekan dan kenalan dari penyewa tersebut akan tertarik juga dengan space yang kamu buat. Karena pada umumnya, ruangan-ruangan tersebut akan tampil di postingan sosial media mereka. Dengan begitu, kamu berkesempatan untuk mendapatkan calon penyewa baru untuk ruangan meeting atau ruang kantor yang masih tersedia untuk disewakan.

3. Konsep ruangan yang fun
Jika serviced office kamu diisi oleh para penggiat start up atau pekerjaan kreatif, berarti tandanya kamu sedang berhadapan dengan orang-orang yang bekerja secara fun. Untuk itu, ada baiknya kamu juga menyediakan ruangan dengan konsep yang fun. Misalnya dengan menghadirkan tembok yang berwarna-warni atau dengan menghiasi atap ruangan dengan berbagai dekorasi yang menarik. Dengan begitu, setiap pekerja yang menyewa co-working space pasti akan merasa sangat nyaman walau hanya menyewa dalam jangka waktu pendek.

4. Ruangan terbuka
Orang yang bekerja di co-working space biasanya merupakan orang-orang dengan jiwa terbuka. Oleh karena itu, siapkan sebuah ruangan terbuka untuk membuat suasana kekeluargaan lebih menyenangkan. Dengan begitu, setiap karyawan atau penyewa yang bekerja disitu bisa merasa lebih nyaman dan bebas. Namun, tetap saja harus ada beberapa ruangan bersekat untuk untuk kebutuhan rapat atau diskusi yang bersifat rahasia.

5. Ada ruang bersekat
Seperti yang kami jelaskan diatas, co-working space juga membutuhkan ruangan bersekat loh. Kenapa? Karena setiap perusahaan akan melakukan rapat atau diskusi yang sifatnya rahasia. Nah untuk menjamin kerahasiaan tersebut, diperlukan beberapa ruang bersekat dan kalau memungkinkan memiliki kedap suara yang baik, agar suara tidak terdengar sampai ruangan sebelah. Selain itu, ruangan tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dan juga kepentingan yang bersifat personal.

6. Punya konsep ruangan outdoor
Konsep ruangan kerja outdoor memang belum begitu tren di Indonesia. Namun, di luar negeri, hal tersebut cukup menjadi salah satu tren yang sudah mulai banyak diikuti. Dengan membawa konsep outdoor dalam indoor, kamu bisa memberikan suasana bebas namun penuh ketenangan walau berada di dalam kantor. Jadi, cara membawa konsep outdoor dalam indoor ini sangat mudah, cukup hiasi ruangan kantor kamu dengan berbagai tanaman hias, pohon-pohon yang dipahat ataupun dengan memperbanyak dekorasi dari tanaman-tanaman hias yang membuat ornamen dan nuansa hijau di dalam ruangan lebih terasa.

7. Area pantry untuk makan
Manjakan para penyewa ruangan kamu dengan fasilitas beragam. Walaupun nantinya mereka akan membutuhkan jasa pembersih masing-masing, namun mereka pasti tetap membutuhkan pantry atau dapur, terlebih lagi untuk start up atau pekerja kreatif yang biasanya bekerja hingga larut malam dan bahkan sampai lembur. Oleh karena itu, agar mereka tetap nyaman, usahakan untuk melengkapi kebutuhan tersebut dengan menyediakan dapur lengkap dengan tempat pencuci piring, lemari penyimpanan makanan, dan sebagainya.

8. Loker
Co-working Space yang memiliki loker atau rak penyimpanan adalah dambaan bagi setiap pekerja lepas yang biasa bekerja mobile. Hal tersebut dikarenakan loker dapat berfungsi sebagai laci penyimpan barang-barang penting, alat tulis dan peralatan kerja, hingga dokumen-dokumen penting yang berhubungan dengan pekerjaan. Adapun umumnya, loker ini hadir sebagai fasilitas tambahan, karena memerlukan sistem keamanan 24/7 dan akses dengan menggunakan jari. Sehingga ketika kamu meninggalkan barang-barang saat ingin makan di luar, tidak perlu khawatir akan keamanannya.

9. Ruang Game
Perusahaan kamu didominasi oleh kaum millennial? Jika, ya, maka sudah seharusnya kamu mencari co-working space yang menyediakan fasilitas seperti ruang game. Jangan berpikir mereka nantinya akan bermalas-malasan. Justru, ruangan tersebut kabarnya malah bisa memicu produktivitas dalam bekerja loh. Fakta ini telah disebutkan pada sebuah studi yang menyebutkan jika game bisa meningkatkan memori, konsenterasi, hingga memperlambat penuaan dini. Selain itu, dengan menyediakan ruangan permainan juga bisa menjadi sarana gratis bagi karyawan dalam membangun team work loh. Seperti yang diketahui, hubungan yang baik antar karyawan bisa menciptakan kerja sama dalam bekerja. Fasilitas ini cara termudah untuk menciptakan atmosfer menyenangkan saat bekerja.

10. Coffee Shop
Fasilitas terakhir yang sebaiknya tersedia di co-working space adalah Coffee Shop. Sebagai kaum pekerja, terkadang kita bosan dengan keseharian kerja yang selalu sama setiap hari. Karena itulah, kita membutuhkan lingkungan kerja yang berbeda agar dapat memberikan semangat bagi para penggunanya. Adapun, coffee shop ini tidak hanya bisa memberikan suasana kerja yang berbeda namun juga menyediakan minuman yang dapat menambah energi di saat bekerja. Dengan adanya kedua hal tersebut, para karyawan dapat mengisi kembali semangat kerja mereka di jam-jam ngantuk. Mereka juga dapat duduk dan ngobrol santai dengan teman mereka sambil menunggu barista membuat kopi favorit mereka.

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WhatsApp