fbpx

10 tips memilih lokasi Co-working Space di Jakarta

10-Tips-Memilih-Lokasi-Co-working-Space-di-Jakarta-2-960x528

Semakin hari, co-working space alias ruang kantor bersama semakin diminati belakangan ini. Apalagi dengan berkembangnya industri startup di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Hal ini membuat para pemilik usaha tersebut langsung mencari co-working space sebagai basis tempat mereka bekerja mereka. Namun tidak hanya sampai disana, namun berbagai latar belakang pekerjaan seperti freelancer, blogger, hingga konsultan juga mulai banyak yang melirik co-working space sebagai tempat kerja mereka.

Tetapi masalahnya, setiap co-working space menyediakan fasilitas yang berbeda-beda dengan harga yang sangat bervariasi. Banyak pemilik usaha yang bisa dibilang salah dalam memilih co-working space karena kurangnya pengetahuan bagaimana cara memilih co-working space yang tepat untuk startup hingga freelancer. Lalu, bagaimana caranya memilih co-working space yang cocok untuk keperluan kerja? Nah, berikut ini kami berikan 10 tips memilih lokasi co-working space di Jakarta terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk simak!

1. Lokasi
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih co-working space adalah lokasi. Tempat yang kamu pilih sebaiknya dekat dengan tempat tinggal kamu, strategis, dan mudah dijangkau. Lalu, perhatikan juga kondisi lokasi di sekitarnya. Apakah banyak rumah makan, dekat dengan mall, rumah sakit, atau hal penting lainnya. Hal ini perlu dilakukan sehingga kamu tidak perlu berjalan jauh untuk mencari makanan, berobat, atau mencari hiburan saat jam istirahat dan pulang kerja.

2. Dekat dengan kantor utama
Jika kamu pegawai kantor yang sering mendapatkan keleluasaan untuk memilih tempat kerja sendiri dalam beberapa waktu selama satu tahun, cobalah untuk mencari lokasi co-working space yang berdekatan dengan lokasi kantor utama. Hal ini akan membantu kamu saat mendapatkan kondisi harus dan urgent datang ke kantor untuk melakukan meeting, atau bertemu dengan orang-orang penting, sehingga kamu dapat menghemat waktu tempuh ke sana.

3. Fasilitas penunjang
Co-working Space biasanya menyediakan sejumlah fasilitas untuk mendukung pekerjaan. Mulai dari AC, meja, kursi, mesin printer, koneksi internet, loker pribadi, ruang rapat, pantry, minuman gratis, dan sebagainya. Untuk itu, pilihlah ruang kantor yang memberikan semua fasilitas yang kamu butuhkan untuk beroperasi secara maksimal. Karena fasilitas yang lengkap akan mempengaruhi kualitas kehidupan dan produktivitas kerja (membuat kamu merasa betah untuk berlama-lama disana).

4. Dekat dengan lokasi klien
Untuk kamu yang berprofesi sebagai pekerja lepas atau freelancer yang terikat dengan klien, ada baiknya untuk mencari lokasi co-working space yang berdekatan dengan lokasi klien. Hal ini dikarenakan akan memudahkan kamu saat diharuskan datang untuk briefing atau meeting mendadak. Selain itu, jika ada hal penting yang harus didiskusikan, kamu bisa langsung mendatangi kantor sang klien secara langsung.

5. Komunitas pengguna
Orang-orang yang bekerja di Co-working Space itu terdiri dari freelancer sampai penggiat startup. Mereka akan menjadi jaringan bisnis kamu karena kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan mereka setiap hari. Maka dari itu, saat memilih co-working space, perhatikan jaringan bisnis yang ada di sana. Kamu perlu tahu komunitas seperti apa yang kamu masuki, sebab komunitasnya dapat mendukung perkembangan bisnis kamu ke depannya.

6. Pelayanan manajemen
Kamu bisa mencari tahu bagaimana kualitas pelayanan manajemen di suatu co-working space dengan membaca ulasan di internet atau dengan cara datang langsung ke sana. Perhatikan keramahan staf pengelola, kebersihan ruangan, dan lain-lain. Lalu, pertimbangkan isi kontrak kerja sama yang ditawarkan. Pastikan layanan yang diberikan bisa sesuai dengan harapan kamu.

7. Dekat dengan transportasi umum
Biasanya, untuk pekerja yang tidak terlalu terikat dengan sebuah perusahaan atau sebuah pihak mendapatkan keuntungan bisa mencoba berbagai lokasi co-working space yang ada di kotanya untuk mendapatkan berbagai suasana baru. Namun, sebagai pengguna transportasi umum, cobalah untuk mengutamakan Co-working Space yang berlokasi dekat dengan lokasi transportasi umum (halte TransJakarta, MRT, KRL, ataupun halte bis) untuk memudahkan kamu.

8. Dekat dengan pusat kota
Nah selanjutnya untuk kamu yang sering berlalu lalang dan meeting sana sini dengan klien, rekan bisnis atau dengan pemilik usaha, pastikan untuk memilih co-working space yang dekat dengan pusat perbelanjaan atau pusat kota. Biasanya, berbagai perusahaan, brand dan juga klien cenderung memilih lokasi meeting yang berada di pusat kota atau yang dekat dengan lokasi kantornya. Namun, jika kamu memiliki banyak klien dan relasi, jalan tengahnya, pilihlah co-working space yang terletak di pusat kota.

9. Menawarkan ragam aktivitas
Pengembangan diri, wawasan, dan keterampilan adalah salah satu keuntungan bekerja di co-working space. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, kamu perlu memilih ruang kantor bersama yang kerap mengadakan acara-acara berbasis komunitas atau acara untuk pengembangan diri lainnya. Acara-acara seperti ini biasanya dapat membuka berbagai kesempatan positif, seperti jaringan networking untuk promosi dan marketing atau informasi tentang bagaimana caranya mendapatkan dana untuk perusahaan startup dan lain halnya.

10. Biaya sewa
Nah tips terakhir yang kamu perlu perhatikan adalah biaya sewa. Hal ini dikarenakan biasanya pada tahap awal membangun startup, pasti modal yang dimiliki terbatas. Untuk itu, carilah co-working space yang paling bagus dan menawarkan berbagai benefit yang kamu butuhkan, tapi juga sesuai dengan keadaan finansial perusahaan. Maka dari itu, kunjungilah sejumlah co-working space di Jakarta untuk melakukan perbandingan. Setelah itu, kamu bisa memutuskan mana yang lebih baik untuk kebutuhan kantor.

10 Tips Memilih Lokasi Co-working Space di Jakarta

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WhatsApp