fbpx

7 kegiatan yang bermanfaat bagi tubuh selama pandemi corona

bersepeda

Saat ini hampir semua aktivitas kantor menurun hingga 75% sejak diberlakukannya PPKM Darurat. Banyak dari pegawai kantoran bekerja dari rumah (WFH) bahkan ada yang diliburkan. Di masa-masa ini tentu saja kita tetap membutuhkan aktivitas yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut adalah 7 aktivitas yang bisa Anda lakukan di masa pandemi : (Dikutip dari CNN.com)

1. Bersepeda

Salah satu kegiatan yang menjadi tren saat pandemi adalah bersepeda. Selama pandemi Covid-19, banyak sepeda diburu oleh pembeli.

Alasan sepeda menjadi pilihan populer lantaran banyak orang cemas menggunakan angkutan umum karena virus, sepeda menawarkan transportasi ramah lingkungan yang terjangkau plus banyak udara segar.

Mengendarai sepeda juga baik untuk tubuh sehingga pengendara sepeda memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan kematian yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang lain. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti di Universitas Glasgow.

2. Berkebun

Berkebun juga mampu mengurangi produksi hormon stres yang merawat juga dapat membayar pengurangan hormon stres yakni kortisol, menurut sebuah makalah penelitian di Journal of Health Psychology.

Penurunan hormon kortisol mampu memperbaiki suasana hati dan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh, saluran pencernaan, tekanan darah, bahkan gula dalam darah.

Selain itu, gerakan yang stabil saat berkebun juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memenuhi aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Selain itu, tidak dibutuhkan halaman yang luas untuk bisa berkebun, cukup memanfaatkan teras kecil di rumah. Jika dilakukan dengan benar, berkebun juga merupakan hobi yang membantu lingkungan lantaran kebun sayur milik rumah tangga di perkotaan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

3. Lari

Olahraga kardio juga bisa dilakukan dengan lari meski gym tutup selama pandemi. Berlari bisa meningkatkan aktivitas jantung tanpa peralatan mahal.

Faktanya, semakin banyak orang melakukan olahraga lari selama pandemi berlangsung.

4. Belajar memasak

Ketika restoran ditutup untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus corona, orang-orang di seluruh dunia mulai untuk memasak makanan mereka sendiri.

Sehingga, memasak memiliki dua manfaat yakni untuk kesehatan dan keuangan lantaran mengurangi biaya makan di restoran.  

Selain itu, perlu juga kurangi konsumsi daging merah, gunakan bahan-bahan yang masih segar, dan produk lokal untuk mendapatkan manfaat optimal dari memasak.

5. Berenang di alam liar

Kolam renang menjadi salah satu tempat yang terdampak dan harus ditutup saat ada pandemi corona.

Padahal menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS kemungkinan kita tertular Covid-19 melalui air sangat kecil.

Meski demikian, cukup sulit menjaga jarak sosial di ruang ganti dan fasilitas kolam renang. Untuk itu, salah satu yang bisa dilakukan adalah berenang di alam liar seperti danau, sungai, dan lautan.

Selain itu, waktu yang dihabiskan di luar ruangan akan baik untuk kesehatan karena terbukti mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

6. Mendayung

Industri olahraga dayung, yang meliputi kano, kayak, rakit, dan papan paddle mengalami peningkatan besar dalam penjualan karena orang-orang di seluruh dunia mencoba mencari aktivitas di luar ruangan.

Hal itu bisa jadi karena olahraga air menawarkan jarak sosial yang alami.

Tetapi mendayung juga menawarkan manfaat kesehatan yang besar. Gerakan memutar yang digunakan untuk menggerakkan dayung di air sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan otot.

7. Berjalan sambil memungut sampah

Salah satu kegiatan tidak biasa yang dilakukan selama pandemi adalah berjalan berjam-jam dan memungut sampah di pinggir jalan.

Meskipun memungut sampah bukanlah hobi yang paling glamor, hal ini telah menjadi kombinasi ampuh dari manfaat fisik, psikologis, dan lingkungan.

Jalan kaki adalah olahraga yang sangat baik, sementara itu, melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti meninggalkan area lokal Anda sedikit lebih bersih terbukti meningkatkan kebahagiaan.

Di sisi lain, pandemi telah menciptakan gelombang sampah plastik, termasuk masker dan sarung tangan bedah sekali pakai.

Jika Anda akan membantu mengambil sampah pandemi, penting untuk tetap aman yakni kenakan masker dan sarung tangan, dan selalu masukkan sampah langsung ke kantong sampah yang kokoh.

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WhatsApp